• sales@amc.net.id
  • +62 811-9008-3300
News Photo

5 Penyebab Internet WiFi lemot

Kecepatan internet wifi bisa memengaruhi duras pekerjaan yang menjadi lebih cepat. Namun, ada kalanya internet wifi sangat lambat atau lemot sehingga menghambat pekerjaan dan aktivitas lainnya. Di mana, internet wifi yang lemot akan sangat menyebalkan khususnya dalam kondisi saat membutuhkan akses internet secara lancar.

Lemotnya internet wifi bisa dipengaruhi oleh berbagai hal sehingga setiap pengguna tentunya harus mengenali penyebabnya untuk mendapatkan solusi secara tepat. Seperti apa sejumlah penyebab yang menjadi alasan internet wifi lemot untuk bisa memperbaikinya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Router WiFi Terhalang Benda atau Dinding
Salah satu penyebab internet wifi lemot dapat yaitu karena terhalangnya sinyal oleh dinding atau benda-benda lainnya. Semakin banyak halangan atau dinding yang dilalui, maka kecepatan wifi akan semakin lemah. Di mana, bahan-bahan seperti kayu, seng, atau plester menjadi penghalang sinyal wifi. Untuk mengatasi permasalahan ini, cara yang bisa dilakukan adalah dengan meletakkan router wifi secara tepat.

Posisi yang bisa dipilih seperti tempat terbuka atau tinggi sehingga sinyal bisa dengan mudah untuk dijangkau. Tempat rendah sendiri akan membuat sinyal internet wifi lemot karena terbatas. Tidak ada sesuatu yang menghalangi koneksi wifi akan membuat sinyal bisa lebih optimal dalam menggapai perangkat.

 

Terlalu Banyak Perangkat Tersambung


Semakin banyak perangkat yang tersambung maka akan membuat internet wifi juga semakin banyak terbagi. Hal ini membuat konektivitas sinyal yang ditangkap setiap perangkat semakin lambat. Selain itu, adanya bandwidth atau aktivitas yang besar seperti mengunduh film atau bermain game juga mempengaruhi kecepatan internet wifi lemot.

Apalagi jika aktivitas berat tersebut dilakukan oleh sejumlah perangkat secara bersamaan. Dalam hal ini tentunya perangkat yang lebih baik atau yang lebih dekat dengan router yang mendapatkan konektivitas terbaik. Untuk mengatasi hal ini diperlukan pembatasan terhadap pengguna dan mematikan aktivitas bandwidth besar di perangkat keras.

Cara tersebut ampuh untuk mendapatkan internet wifi yang lebih kencang dan stabil. Apalagi jika konektivitas wifi yang kamu gunakan bisa menjangkau jarak yang jauh, maka pembatasan pengguna adalah solusi yang sangat direkomendasikan

Saluran Wifi Tidak Tepat


Saluran yang tidak tepat seringkali menjadi alasan internet wifi lemot. Hal ini disebabkan oleh channel wifi yang tumpang tindih atau saling bersinggungan. Kamu bisa mengatur saluran wifi sesuai frekuensi yang digunakan agar tidak bertabrakan dengan saluran milik orang lain. Jika menggunakan frekuensi 2,4 GHz, maka pilih channel 1,6, dan 11. Jika menggunakan frekuensi 5GHz, maka disarankan memilih saluran 36, 40, 44, dan 48. Sejumlah channel atau saluran tersebut biasanya tidak tumpang tindih.

Router atau Perangkat Membutuhkan Restart


Alasan internet wifi lemot berikutnya bisa terjadi tiba-tiba tanpa alasan yang jelas. Kemungkinan yang terjadi karena router membutuhkan restart. Kamu hanya perlu mematikan router selama 1 menit kemudian menyalakannya kembali. Jika hal tersebut tetap tidak berhasil, pengguna bisa melakukan restart pada perangkat keras. Lambatnya internet wifi juga bisa disebabkan perangkat keras yang secara tiba-tiba tidak support.

Cara untuk mengubah saluran ini cukup mudah. Di mana, pengguna hanya perlu masuk ke dalam pengaturan channel router dan sesuaikan saluran yang diinginkan. Pengguna juga bisa mengikuti petunjuk yang ada di buku panduan untuk mendapatkan keterangan yang lebih jelas.

eeits.. ga usah khawatir

Tim Customer Support kami, akan selalu siap membantu anda!

Share This News

Comment

The Best Internet for your home and Office